SISTEM STARTER PADA SEPEDA MOTOR
A. Pengertian Starter
Starter adalah alat yang menggunakan tenaga luar untuk menghidupkan mesin sistem starter berfungsi sebagai penggerak awal supaya mesin bisa bekerjaB. Jenis – Jenis Starter
Ada tiga jenis starter yaitu :
1. Starter mekanikAdalah starter yang sumber tenaga asanlya dari tenaga mausia. Contohnya kick starter (starter kaki), slenger ( starter untuk mesin diesel dan beberapa type mobil lama). Mesin akan mulai berputar karena adanya tenaga mnusia.
2. Starter listrik ( starter elektrik)
Adalah starter yang sumber tenaganya dari arus listrik. Starter ini banyak digunakan pada mobil dan saat ini sudah merembet pada sepeda motor.
3. Starter pneumatik
Adalah starter yang sumber tenaganya dari udara bertekanan. Starter ini banyak dipakai pada mesin – mesin kapal laut. Karena mesin kapal laut cukup besar, ala menggunakan starter jenis ini.
C. Kompenen Sistem Starter Elektrik dan Fungsinya
Sistem starter elektrik memiliki beberapa komponen yaitu sebagai berikut:1. Baterai / aki fungsinya sebagai sumber energi listrik
2. Sekering berfungsi untuk mencegah terjadinya arus yang berlebihan dan mencegah terjadinya keonsleting.
3. Kunci kontak untuk memutuskan dan mengubungkan arus listrik.
4. Relay starter atau orang bengkel menyebutnya bendik fungsinya untuk mengalilrkan arus listrik
yang besar, dari beterai ke starter motor pada sirkuit motor starter.
5. Sakelar starter untuk menghidupkan mesin mesin kendaraan.
6. Motor starter berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi momen putar.
Gambar 1. Posisi kompenen starter pada sepeda motor
D. Kompenen - Kompenen Motor Starter
1. Tutup MotorBerfungsi sebagai rumah armature dan sebagai tempat magnet tetap.
2. Armature
Berfungsi sebagai penghasil momen putar. pada armature terdapat komutator yang berfungasi
sebagai terminal kumparan armature.
3. Sikat
Berfungsi sebagai menghantarkan arus listrik ke kumparan arnature melalui komutator.
4. Pemegang Sikat
Berfungsi sebagai rumah sikat. Didalam pemegang sikat terdapat pegas berfungsi untuk
menekan sikat agar dengan komutator.
5. Tutup Depan dan Belakang
Berfungsi sebagai rumah roda gigi reduksi.
6. Gasket
Sebagai perapt antara tutup bagian depan dan belakang
7. Roda Gigi Reduksi
Membuat perbandingan putaran antara output motor starter dan roda gigi pinion yang
memutarkan poros engkol.Tujuannya agar didapatkan momen puntir yang lebih besar.
Gambar 2. Komponen Motor Starter
E. Rangakian dan Cara Kerja Sistem Starter
CARA KERJANYA ADALAH
pada saat kunci kontak ON,saklar starter ditekan,arus mengalir;
BATERAI POSITIF - SEKERING - KUNCI KONTAK - RELAY STARTER - SAKLAR STARTER - MASSA.
didalam relay starter terdapat kumparan, sehingga jika arus masuk masuk kedalam kumparan relay starter, maka relay starter akan menjadi magnet,dan plunyer pada relay starter akan menghubungkan terminal kabel besar dari positif baterai dan yang menuju motor starter,sehingga aliran arusnya menjadi;
BATERAI POSITIF - TERMINAL RELAY STARTER - MOTOR STARTER - MASSA. karena motor starter mendapatkan aliran arus, maka motor starter berputar, memutarkan mesin.
0 Comments