SISTEM STARTER PADA MOTOR

SISTEM STARTER PADA SEPEDA MOTOR


A.    Pengertian Starter

Starter adalah alat yang menggunakan tenaga luar untuk menghidupkan mesin sistem starter berfungsi sebagai penggerak awal supaya mesin bisa bekerja

B.    Jenis – Jenis Starter

Ada tiga jenis starter yaitu :

1.  Starter mekanik
   Adalah starter yang sumber tenaga asanlya dari tenaga mausia. Contohnya kick starter (starter  kaki), slenger ( starter untuk mesin diesel dan beberapa type mobil lama). Mesin akan mulai berputar karena adanya tenaga mnusia.
2.    Starter listrik ( starter elektrik)
   Adalah starter yang sumber tenaganya dari arus listrik. Starter ini banyak digunakan pada mobil dan saat ini sudah merembet pada sepeda motor.
3.    Starter pneumatik
   Adalah starter yang sumber tenaganya dari udara bertekanan. Starter ini banyak dipakai pada mesin – mesin kapal laut. Karena mesin kapal laut cukup besar, ala menggunakan starter jenis ini.

C. Kompenen Sistem Starter Elektrik dan Fungsinya

   Sistem starter elektrik memiliki beberapa komponen yaitu sebagai berikut:
 1.  Baterai / aki fungsinya sebagai sumber energi listrik
 2.  Sekering berfungsi untuk mencegah terjadinya arus yang berlebihan dan mencegah terjadinya keonsleting.
 3.  Kunci kontak untuk memutuskan dan mengubungkan arus listrik.
 4.  Relay starter atau orang bengkel menyebutnya bendik fungsinya untuk mengalilrkan arus listrik
     yang besar, dari beterai ke starter motor pada sirkuit motor starter.
 5.  Sakelar starter untuk menghidupkan mesin mesin kendaraan.
 6.  Motor starter berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi momen putar.

Gambar 1. Posisi kompenen starter pada sepeda motor













D. Kompenen - Kompenen Motor Starter

  1.  Tutup Motor
         Berfungsi sebagai rumah armature dan sebagai tempat magnet tetap.
  2.  Armature
        Berfungsi sebagai penghasil momen putar. pada armature terdapat komutator yang berfungasi
      sebagai terminal kumparan armature.
  3.  Sikat
         Berfungsi sebagai menghantarkan arus listrik ke  kumparan arnature melalui komutator.
  4.  Pemegang Sikat
        Berfungsi sebagai rumah sikat. Didalam pemegang sikat terdapat pegas berfungsi untuk
      menekan sikat agar  dengan komutator.
 5.  Tutup Depan dan Belakang
         Berfungsi sebagai rumah roda gigi reduksi.
 6.  Gasket
         Sebagai perapt antara tutup bagian depan dan belakang
 7.  Roda Gigi Reduksi
        Membuat perbandingan putaran antara output motor starter dan roda gigi pinion yang
     memutarkan poros engkol.Tujuannya agar didapatkan momen puntir yang lebih besar.

 Gambar 2. Komponen Motor Starter














E.  Rangakian dan Cara Kerja Sistem Starter















CARA KERJANYA ADALAH
       pada saat kunci kontak ON,saklar starter ditekan,arus mengalir;
BATERAI POSITIF - SEKERING - KUNCI KONTAK - RELAY STARTER - SAKLAR STARTER - MASSA.
       didalam relay starter terdapat kumparan, sehingga jika arus masuk masuk kedalam kumparan relay starter, maka relay starter akan menjadi magnet,dan plunyer pada relay starter akan menghubungkan terminal kabel besar dari positif baterai dan yang menuju motor starter,sehingga aliran arusnya menjadi;
BATERAI POSITIF - TERMINAL RELAY STARTER - MOTOR STARTER - MASSA. karena motor starter mendapatkan aliran arus, maka motor starter berputar, memutarkan mesin.

Post a Comment

0 Comments